Rabu, 22 Februari 2012

skripsi

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Era globalisasi telah menuntut adanya perubahan paradigma lama dalam segala bidang, salah satunya adalah bidang pemasaran. Semakin tingginya tingkat persaingan di bisnis lokal maupun global dan kondisi ketidakpastian memaksa perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetitif agar mampu memenangkan persaingan di bisnis global..

Pesaing yang dihadapi sebuah industri tidak lagi datang dari kawasan atau wilayah geografis setempat, tetapi raksasa global dari mancanegara hadir untuk saling berebut pasar. Setiap industri mengalami globalisasi yang dipicu oleh 4 faktor utama yaitu Cutomers, Cost, Country, dan Competition.

Pada saat ini banyak bermunculan perusahaan – perusahaan yang beragam bentuk usahanya, yang menandakan bahwa dunia usaha semakin maju. Dalam mengembangkan usahanya suatu perusahaan harus juga memperhatikan unsur – unsur penting dalam manajemen pemasaran yang terdiri dari produk, harga, distribusi, dan promosi

Pemasaran umumnya dilihat sebagai tugas menciptakan, mempromosikan, serta menyerahkan barang dan jasa kepada konsumen.

Pemasaran merupakan inti dari seluruh aktivitas bisnis, karena pemasaran merupakan penghubung antara perusahaan dan konsumen

Promosi merupakan salah satu variabel dari bauran pemasaran yang sangat penting, yang dilaksanakan oleh perusahaan, dalam memasarkan produk atau jasanya. Tanpa promosi keberadaan produk kurang mendapat perhatian dari konsumen atau bahkan konsumen tidak tahu sama sekali mengenai produk tersebut.

Pada umumnya perusahaan akan selalu berusaha untuk tetap berkembang serta mampu bersaing untuk mencapai tujuan perusahaan. Agar tujuan perusahaan dapat tercapai diperlukan strategi promosi yang efektif. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu perusahaan tentu saja memerlukan anggaran yang cukup memadai agar tujuan yang ingin dicapai yaitu meningkatkan penjualan dapat tercapai. Sasaran promosi dapat tercapai apabila perusahaan menganggarkan biaya promosi yang memadai, dan dengan adanya biaya promosi yang memadai diharapkan dapat membantu perusahaan dalam memasarkan produknya.

Berdasarkan gambaran umum permasalahan di atas, penulis tertarik untuk membahas masalah biaya promosi yang dikaitan dengan penjualan dengan mengambil judul penelitian “Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Genteng Pada PT. Genteng Maher Perdana Jatiwangi Cirebon Cabang Sukabumi

1.2 Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis dalam hal ini mengidentifikasikan masalah sebagai berikut :

1. Bagaimanakah Biaya Promosi pada PT. Genteng Maher Perdana Jatiwangi Cirebon Cabang Sukabumi

2. Bagaimanakah Volume Penjualan Genteng pada PT. Genteng Maher Perdana Jatiwangi Cirebon Cabang Sukabumi

3. Bagaimanakah Pengaruh Biaya Promosi terhadap Volume Penjualan Genteng pada PT. Genteng Maher Perdana Jatiwangi Cirebon Cabang Sukabumi

1.3 Maksud dan Tujuan Penelitian

Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah yang dipaparkan di atas, maksud dari penelitian yang penulis lakukan adalah untuk mengetahui pengaruh Biaya Promosi dalam meningkatkan penjualan Genteng pada PT. Genteng Maher Perdana Jatiwangi Cirebon Cabang Sukabumi

Adapun tujuan penelitian ini adalah :

1. Untuk mengetahui bagaimana perusahaan melakukan kegiatan promosi terhadap produk yang dipasarkannya serta Biaya Promosi yang telah dianggarkan oleh PT. Genteng Maher Perdana Jatiwangi Cirebon Cabang Sukabumi

2. Untuk mengetahui Volume Penjualan Genteng pada PT. Genteng Maher Perdana Jatiwangi Cirebon Cabang Sukabumi

3. Untuk mengetahui Pengaruh Biaya Promosi terhadap Volume Penjualan Genteng pada PT. Genteng Maher Perdana Jatiwangi Cirebon Cabang Sukabumi

1.4 Manfaat Penelitian

Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, diharapkan akan bermanfaat bagi penulis dan perusahaan selaku obyek penelitian. Adapun kegunaan penelitian ini adalah :

1. Manfaat Teoritis, diharapkan penelitian ini dapat menambah pengetahuan ilmiah dan pengalaman, terutama dalam mengaplikasikan teori yang diterima di perguruan tinggi dengan praktek yang ada di Perusahaan.

2. Manfaat Praktis, sebagai masukan bagi perusahaan mengenai pengaruh Biaya Promosi dalam meningkatkan penjualan genteng pada PT. Genteng Maher Perdana Jatiwangi Cirebon Cabang Sukabumi

1.5 Kerangka Pemikiran

Berdasarkan atas identifikasi masalah yang menfokuskan pada pengaruh Biaya Promosi dalam meningkatkan Volume Penjualan, maka dalam penelitian ini penulis menggambarkan kerangka pemikiran sebagai berikut :




Gambar 1.1 Kerangka Pemikiran

Kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan merupakan gabungan dari unsur bauran promosi yang terdiri dari advertising, sales promotion, Personal selling, dan publisitas. Sedangan volume penjualan terdiri atas konsumen. yang mempengaruhi penjualan melalui daya beli dan selera pasar.

Perumusan hipotesis penelitian merupakan langkah selanjutnya setelah peneliti mengemukakan kerangka pemikiran. Pengertian hipotesis menurut sugiyono (2006 : 51) “hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian “.

Berdasarkan uraian diatas, maka dalam penelitian ini hipotesisnya adalah “terdapat hubungan yang signifikan antara Biaya Promosi dan meningkatnya volume penjualan

1.6 Sistematika Penulisan

Untuk mempermudah jalannya penganalisaan dan membantu penulis dalam merumuskan kesimpulan maka perlu adanya sistematika pembahasan sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini merupakan bab pendahuluan yang menguraikan permasalahan-permasalahan secara ringkas yang meliputi : Latar belakang penelitian, identifikasi masalah, maksud dan tujuan penelitian, kegunaan penelitian dan manfaat penelitian, sistematika penulisan, serta lokasi dan waktu penelitian.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

Dalam bab ini penulis membahas materi yang bersifat teoritis, yang merupakan penjelasan-penjelasan dari buku-buku yang berhubungan dengan masalah yang diteliti yaitu Manajemen Pemasaran serta Biaya Promosi dan Volume Penjualan.

BAB III METODE PENELITIAN

Pada bab ini membahas tentang objek penelitian dan metodologi penelitian yang terdiri dari desain penelitian, variabel penelitian, operasional variabel, jenis dan teknik pengumpulan data, serta Tekhnik analisa data dengan menggunakan analisa statistik

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Bab ini membahas sejarah perusahaan dan struktur organisasi perusahaan, dan merupakan inti dari pembahasan dan menganalisa hasil penelitian yang meliputi pengaruh Biaya Promosi terhadap volume penjualan pada PT. Genteng Maher Perdana Jatiwangi Cirebon. Cabang Sukabumi

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini adalah bab terakhir yang berisikan kesimpulan hasil penelitian berdasarkan kesimpulan tersebut dikemukakan beberapa saran yang ditujukan kepada berbagai pihak.

1.7 Lokasi dan Waktu Penelitian

Proses penelitian yang dilakukan penulis berlokasi di PT. Genteng Maher Perdana Jatiwangi Cirebon Cabang Sukabumi, Jalan Pelabuhan II No. 654 KM. 6 Kota Sukabumi. Waktu pelaksanaan penelitian di mulai dari tanggal 20 Oktober s.d 25 November 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar